Kata-Kata Motivasi, Kata-Kata Bijak, Kata-Kata Mutiara, Kata-Kata Cinta, Pantun Nasehat, Pantun Jenaka, Contoh Proposal, Contoh Memo, Kata Kata 2016,

Contoh Bab I Pendahuluan Pada Pembahasan Manajemen Keuangan

LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan kemajuan zaman dan semakin pesatnya kemajuan teknologi khususnya dibidang komputerisasi, komputer telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di perusahaan-perusahaan, instansi pemerintahan maupun swasta, bahkan telah merambah untuk urusan keperluan rumah tangga.
Komputer bekerja dengan aturan-aturan tertentu, serta membutuhkan program sebagai perangkat lunaknya dan brainware sebagai pengendalinya. Proses kerja komputer mengalami suatu siklus, yaitu input-proses-output. Input yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner, yaitu bilangan 0 dan 1, yang kemudian dikeluarkan menjadi sebuah informasi (Rudi Hidayat, 2004: 34)
Sejalan dengan hal itu komputer juga banyak digunakan dalam bidang bisnis dan administrasi, baik di perusahan-perusahaan swasta ataupun instansi pemerintah dalam menyelesaikan seperti yang kita ketahui bahwa permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dan instansi perlu penanganan secara tepat. Contoh permasalan tersebut adalah gaji karyawan di PD. Arrinda Collection.
Berdasarkan hasil kerja praktik yang penulis lakukan, pengolahan data gaji karyawan PD. Arrinda Collection masih dilakukan secara manual menggunakan tulis tangan. Jika karyawan semakin meningkat, maka diperlukan program yang mendukung. Oleh karena itu penulis akan merancang sistem dengan menggunakan program Visual Basic.Net. Dengan pembuatan sistem pengolahan data tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar pengolahan data gaji karyawan di PD. Arrinda Collection.
Berdasarkan uraian-uraian diatas, maka penulis menyusun permasalahan yang akan dibuatkan laporan kerja praktek dan program, dengan judul “Sistem Pengolahan Data Gaji Karyawan PD. Arrinda Collection”.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: “Apakah sistem pengolahan data dengan menggunakan program Visual Basic.Net dapat membantu mempermudah dan memperlancar perhitungan data gaji karyawan CV. Arrinda Collection?
1.      Bagaimana sistem perhitungan data gaji karyawan yang sedang berjalan di PD. Arrinda Collection
2.      Bagaimana sistem perhitungan data gaji karyawan yang diusulkan di PD. Arrinda Collection      


TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan
1.      Untuk memperoleh hasil kajian mengenai proses perhitungan data gaji karyawan yang dilakukan di CV. Arrinda Collection masih menggunakan proses pengolahan data secara manual.
2.      Untuk memperoleh hasil kajian mengenai solusi untuk memecahkan masalah tersebut untuk kemudian ditindak lanjuti, penulis menyarankan agar dibuat sebuah perancangan pengolahan data gaji karyawan, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses yang berlangsung. Perancangan aplikasi itu sendiri akan dibuat dengan menggunakan perangkat lunak (software) Microsoft Visual Studio Net  2003 dan Microsoft Access 2003 sebagai database penunjangnya.

Manfaat Teoritis
1.    Bagi penulis
a.       Menambah wawasan, pengalaman serta berharap agar  ilmu yang diperoleh sesuai dengan perkembangan teknologi yang berlaku, sehingga dapat memecahkan persoalan di bidangnya.
b.      Untuk merealisasikan ilmu yang didapat selama kuliah sejalan dengan perkembangan teknologi sekarang ini.
c.       Untuk mengembangkan kreatifitas di bidang komputerisasi, terutama dalam pembuatan program dengan berbagai macam teknologi.
d.      Penulis memperoleh perbandingan antara teori dengan keadaan nyata di CV. Arrinda Collection, dalam bentuk program pengolahan data gaji karyawan.
2.      Bagi Pembaca
a.       Sebagai media untuk dijadikan bahan kajian dan bacaan yag mampu menambah wawasan bagi para pembaca.

Manfaat Praktis
1.      Bagi perusahaan
Membantu dan mempermudah menyelesaikan pekerjaan yang ada di CV. Arrinda Collection dengan dibuatnya perancangan sistem pengolahan data gaji karyawan, yang kedepannya bisa di implementasikan dengan pembuatan program aplikasi pengolahan data gaji karyawan berdasarkan perancangan tersebut.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian adalah metode yang digunakan dalam aktivitas penelitian, misalnya mahasiswa melakukan penelitian guna menyusun skripsi, tesis, atau disertasi. Dalam penelitiannya ia menggunakan metode tertentu, misalnya metode penelitian kuantitatif atau kualitatif, atau berbagai jenis metode penelitian lainnya, misalnya metode penelitian deskriptif, studi kasus, dan eksploratif (Beni Ahmad Saebani, 2008: 43).
1.      Jenis Metode
Jenis metode yang digunakan penulis dalam pembuatan laporan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan masalah yang digunakan untuk menggambarkan objek secara teliti dengan cara mengumpulkan data menganalisanya.
2.      Data yang Dicari
Data-data yang penulis perlukan dalam pembuatan makalah dan program ini terdiri dari:
a.    Sejarah CV. Arrinda Collection
b.    Tugas dan Wewenang
c.    Data Karyawan
d.   Data Gaji
e.    Diagram alir yang sedang berjalan
3.      Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan Penulis dalam menyelesaikan makalah ini yaitu:
a.    Metode Literatur
Metode Literatur yaitu penggunaan referensi buku dan sejumlah dokumen lainya sebagai sarana penunjang pembuatan laporan.
b.      Metode Wawancara atau Interview
Metode wawancara merupakan dialog langsung penulis dengan berbagai pihak instansi atau perusahaan maupun dengan pihak Politeknik Triguna Tasikmalaya.
c.    Metode Observasi
Metode observasi adalah teknik pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung ke tempat yang dituju dengan melakukan analisa dari sejumlah data.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan yaitu mulai dari minggu ke-1 bulan september 2014 dengan tempat penelitian CV. Arrinda Collection tepatnya dibagian keuangan berlokasi di Jalan Raya Cibalanarik Kampung Cimawate Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

JADWAL KEGIATAN DAN ALOKASI WAKTU
Jadwal kegiatan beserta dengan alokasi waktu pertemuan masa kerja praktek di lapangan (CV. Arrinda Collection), direncanakan sebagai berikut:





Jadwal Kegiatan
1.      Hadir tepat pada waktu sesuai dengan perjanjian waktu yang telah ditetapkan dengan petugas bagian keuangan baik staf bagian keuangan maupun pimpinan perusahaan.
2.      Melakukan wawancara terkait dengan sistem yang diterapkan, data yang terkait, dan perkembangan sistem yang diharapkan.
3.      Menganalisa dan mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan sistem yang ada dengan sistem yang akan diusulkan.
4.      Mempresentasikan setiap kali terdapat perkembangan dari sistem yang dibangun/ dirancang agar sesuai dengan kebutuhan.
5.      Apabila masih terdapat kekurangan atau ketidaksesuaian dengan kebutuhan user, maka akan diperbaiki baik dari perancangan input desain form maupun penambahan data/ pengurangan data bahkan penghapusan data.

Alokasi Waktu
Sebagaimana tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang unsurnya terdiri dari:
1.      Pendidikan
2.      Penelitian
3.      Pengabdian Pada Masyarakat
Penulis mencoba mengkolaborasikan semua unsur tersebut melalui praktek kerja lapangan yang dilaksanakan di bagian keuangan CV. Arrinda Collection sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa (cita-cita NKRI). Melalui penelitian diharapkan mampu meningkatkan layanan pendidikan dan lebih jauhnya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya ditempat yang penulis pilih. Adanya penelitian tersebut pun merupakan salah satu wujud pengabdian pada masyarakat atas sumbangan gagasan yang tidak lain merupakan hasil implementasi ilmu yang penulis raih di bangku perkuliahan. Hal tersebut tidak akan tercapai apabila tidak dengan pengorbanan waktu. Oleh karena itu, dalam praktek kerja lapangan penulis mengalokasikan waktu per hari sekitar 1 sampai 2 jam, disesuaikan dengan hasil analisis yang diperoleh.
Adapun jadwal kegiatan sebagai berikut:
Tabel 1.1 Jadwal Penelitian

Facebook Twitter Google+
Back To Top