CATATAN PERKEMBANGAN
Nama : Tn. E
Ruang rawat : Bratasena
Tanggal
|
Diagnosa
|
Implementasi
|
Evaluasi
|
Paraf
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
06-01-2009
|
HDR
|
- Membina hubungan saling percaya
- Memperkenalkan diri menebutkan nama dan asal
- Menanyakan alasan masuk RSJ
|
S = - Klien menyebutkan namanya
- Klien mengatakan dia masuk RSJ karena suka marah-marah, merusak ART dan memukul teman-temannya
- Klien merasa kesal
O = - Klien tampak masih kesal
- Kontak mata kurang
A = - Membina BHSP tercapai
PP = - Evaluasi kemampuan cara berkenalan
- Melanjutkan ke SP 1 HDR
| |
07-01-2009
|
HDR
|
- Mengevaluasi klien cara berkenalan
- Menanyakan perasaan pasien
- Mambantu klien mengidentifikasi aspek positif yang masih dimiliki
- Membantu klien mengidentifikasi kemampuan yang masih dapat dipergunakan
|
S = - Klien mengatkan perasaannya baik
- Klien menyebutkan aspek positif yang masih dimiliki
- Klien mengatakan setelah mengikat pengertian hatinya dengan tenang
O = - Klien menyebutkan aspek positif yang dimiliki
A = - Klien bisa berinteraksi dengan perawat
PP = - Melanjutkan SP 1 HDR
PK = - Anjurkan klien mengingat kontrak selanjutnya
| |
08-01-2009
|
HDR
|
- Mengulang SP 1 HDR yang belum tercapai
- Melatihn pasien satu kemampuan yang dipilih
- Merencanakan kegiatan yang telah dilatih
- Memberi pujian pada klien
- Memasukkan kegiatan ke dalam jadwal hariannya
|
S = - Klien belajar mencuci piring
- Klien mengatakan lelah
O = - Klien tanpak melakukan cuci piring
A = - Klien dapat melakukan cara cuci piring yang baik
PP = - Evaluasi kemampuan SP 1 dan lanjutkan ke SP 2
PK = - Anjurkan klien mengingat kembali kegiatan dan kontak selanjutnya.
| |
09-01-2009
|
Sp2 - HDR
|
- Mengawasi SP1 HDR
- Melatih kemampuan kegiatan 2
- Memberi perhatian pada klien.
- Memasukan kegiatan ke dalam jadwal hariannya.
|
S = - Klien mau belajar beres-beres tempat tidur
O = - Klien tanpak beres-beres tempat tidur
A = - Klien dapat melakukan membereskan tempet tidur
PP = - Evaluasi SP II HDR
PK = - Melanjutkan ke SP 2 RPK.
| |
10-01-2009
|
SP 1 RP
|
- Mengevaluasi SP2 HDR.
- Mengidentifikasi penyebab, tanda, gejala serta akibat dari PK.
- Menyebutkan terus PK yang pernah terlaksanakan.
- Menjelaskan akibat dari PK yang dilakukan.
- Mengontrol PK secara fisik.
- Mempraktrikan latihan cara menontrol fisik 1.
|
S = - Klien mengatakan kesal
- Klien mengatakan di PHK tanpa alasan
- Klien pernah memukul temannya
O = - Klien tampak tegang
- Wajah klien tampak merah
- Klien tampak mau mempraktekkan latihan cara mengontrol fisik 1
A = - Klien mampu melakukan/mempraktekkan latihan tarik nafas 1
- Melanjutkan ke SP 2 RPK
PP = - Evaluasi SP 1 RPK
PK = - Anjurkan untuk mengingat kembali kegiatan dan kontrak selanjutnya
| |
12-01-2009
|
SP II RPK
|
- Mengevaluasi SP I RPK
- Mempraktikan latihan cara kosok II
- Membereskan pendiam pada klien.
- Memajukan jadwal kegiatan paseien/klien
|
S = - Klien mengatakan masih kesal
O = - Klien tampak masih tegang
- Klien wajahnya tampak masih merah
- Klien mau belajar latihan cara memukul bantal dan kasur
A = - Klien mampu/dapat melakukan/mempraktekkan latihan dengan cara memukul bantal dan kasur
- Melanjutkan ke SP 2 RPK
PP = - Evaluasi SP II RPK
PK = - SP III RPK
| |
13-01-2009
|
SP III RPK
|
- Menevaluasi SP II RPK jam 10.00 WIB.
- Mempraktekan latihan cara verbal.
- Memberi pujian pada pasien.
- Memasukan dalam jadwal kegiatan.
|
S = - Klien mengatakan sudah merasa tenang
- Klien raurt tak
O = - Klien mau latihan mengontrol RPK dengan cara berbincang-bincang
- Klien tampak merasa tenang
A = - Klien dapat melakukan dengan cara berbincang-berbincang
PP = - Evaluasi SPIII RPK
- Melanjutkan SP IV RPK
PK = - Anjurkan klien mengingat kontrak.
| |
SP IV RPK
|
- Jam 11.30 WIB
- Mempraktikan latihan cara spiritual.
- Memasukan dalam jadwal harian
|
S = - Klien mengatakan merasa lebih tenang
O = - klien mau malakukan shalat
A = - Klien mampu mengerjakan sholat
PP = - Evaluasi SP IV RPK
- Melanjutkan SP V
PK = - Anjurkan kontrak.
| ||
14-01-2009
|
SP IV RPK
|
- Mengevaluasi SP IV RPK.
- Mempraktikan latihan cara meminum obat.
- Memasukan dalam jadwal kegiatan.
|
S = - Klien mengatakan masih kesal
O = - Klien mau belajar mempraktekkan belajar minum obat
A = - Klien mampu menyebutkan nama, warna fungsi obat
PP = - Evaluasi RPK (SP 1, 2, 3, 4 dan 5)
- Melanjutkan SP 1 halusinasi
PK = - Anjurkan klien mengingat kontrak.
| |
15-01-2009
|
SP I Halusinasi
|
- Mengevaluasi SP 1, 2, 3, 4, 5 RPK.
- Membantu pasien menangani halusinasi .
- Mengidentifikasi halusinasi pasien.
- Mengidentifikasi frekuensi pasien.
- Mengidentifikasi situasi yang menimbulkan halusinasi.
- Mengidentifikasi respon pasien terhadap halusinasi.
- Mengajarkan pasien menghardik halusinasi.
|
S = - Klien pernah mendengar suara-suara yang menyuruh untuk berbuat kebajikan
- Klien mengatakan merasa tenang setelah berlatih monghardik halusinasi dengan cara menatap telinga dan mengatakan itu bohong dan itu palsu
O = - Klien tampak mampu memperagakan cara menghardik tetapi belum sepenuhnya
A = - Klien belum sepenuhnya mampu memperagakan cara menghardik suaranya
PP = - Evaluasi SP 1 halusinasi
- Melanjutkan ke SP 2 halusinasi
PK = - Anjurkan klien untuk memasukkan ke dalam jadwal harian
|