Tentang
Materi pokok yang berhubungan dengan fisika
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Benda dan Sifatnya
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
|
· Mengidentifikasi sifat benda padat, cair dan gas.
· Mengelompokkan benda-benda berdasarkan wujudnya.
· Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
· Menjelaskan faktor yang mempengaruhi wujud benda.
· Memberikan contoh perubahan wujud benda.
· Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya misalnya plastic untuk jas hujan.
· Membandingkan berbagai bahan tertentu sesuai sifat dan kegunannya, misalnya penyerapan air pada berbagai kertas
|
Semester : 2 (dua) Materi Pokok : Gaya
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Energi dan Perubahannya
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
· Membuat daftar berbagai gerak benda.
· Mendemonstrasikan cara menggerakan benda, misal didorong dan ditarik.
· Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda.
|
Semester : 2 (dua) Materi Pokok : Bentuk Energi dan Kegunaannya
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
8.Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik
|
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda, matahari.
· Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
· Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang ada disekitar kita.
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar.
· Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
· Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
· Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif.
· Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.
· Memberi contoh penggunaan energi alternatif.
· Menentukan karya/model yang akan dibuat, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut.
· Menentukan bahan dan alat yang akan digunakan.
· Membuat karya/model sesuai dengan rancangan.
· Menguji karya/model dan dapat menyempurnakannya.
· Menerapkan keamanan kerja dan menjaga kebersihan lingkungan.
· Menyimpulkan bentuk rancangan terbaik.
· Mengientifikasi alat-alat musik dan cara penggunaannya.
· Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
· Membedakan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
|