KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA
PELAJARAN :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS 1
SEMESTER I
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD/MI ......... Kelas/semester : I (Satu)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : ....... /
........
STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil KKM dalam Aspek
|
KKM
%
|
||||
Komplek-sitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
|||
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku
bangsa
-
Menyebutkan anggota keluarga menurut jenis kelamin
-
Menyebutkan agama yang ada di lingkungan keluarga
-
Menyebutkan nama-nama suku yang ada di lingkungan keluarga
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan
di rumah dan di sekolahan
-
Memberi contoh hidup rukun di rumah
- Menjelaskan
manfaat hidup rukun di rumah dan di sekolah
-
Menceritakan akibat tidak menjaga kerukunan di rumah
dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
- Menunjukkan
perilaku menyayangi orang tua dalam lingkungan rumah dan sekolah
-
Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan dalam
lingkungan rumah dan sekolah
-
Menunjukkan sikap menyayangi dalam kegiatan sehari-hari
di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : SD/MI ......... Kelas/semester : I (Satu)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan Tahun
Pelajaran : ....... /
........
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN KKM
|
Hasil
KKM
dalam
Aspek
|
KKM
%
|
||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Pemahaman Konsep
|
Penerapan
|
|||
2. Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
§ Mengidentifikasi
tata tertib di rumah
§ Mengidentifikasi
tata tertib di sekolah
§ Menjelaskan
perlunya ada tata tertib di rumah
§ Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di sekolah
§ Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
§ Menunjukkan
sikap mentaati tata tertib di sekolah
§ Mengklasifikasi-kan
perilaku yang tidak tertib
§ Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di rumah.
§ Menceritakan
akibat melanggar tata tertib di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA KESELURUHAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.